Selasa, 09 Oktober 2012


KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI TV BROADCAST
SMP NEGERI 1 MOGA TAHUN 2012 / 2013


BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar belakang Kegiatan

Perkembangan dunia pendidikan senantiasa dituntut dapat mengikuti perkembangan yang terus berjalan dan berkelanjutan.  Semakin laju derap pembangunan, maka diharapkan keterlibatan dunia pendidikan juga semakin jauh. Pendidikan merupakan media pembentuk dan pencipta tenaga-tenaga yang dapat mengikuti  dan melibatkan diri dalam gerak pembangunan, sehingga selalu melakukan pembenahan-pembenahan yang inovatif. Hal ini dibuktikan dengan diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai inovasi kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)

Kegiatan ekstrakurikuler  termasuk salah satu kegiatan pelajaran yang harus dilaksanakan di SMP Negeri 1 Moga Kab. Pemalang , juga perlu diadakan pembenahan – pembenahan agar sesuai dengan arah pendidikan di sekolah umum, yaitu menumbuhkan kecerdasa, sensitifitas dan kreatifitas sehingga terbentuk sikap apresiatif, kritis,dan kreatif pada diri siswa secara menyeluruh.

Saat ini keterlibatan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler kelas 7 dan 8 SMP Negeri 1 Moga sudah perlu diberi keberagaman bentuk.
Keberadaan fasilitas yang ada di SMP Negeri 1 Moga yang berupa jaringan TV kabel merupakan salah satu asset yang mutlak harus dapat dimanfaatkan sebaik – baiknya untuk media pembelajaran, media pengembangan diri siswa maupun sebagai media komunikasi massa (kehumasan).
Disisi lain, dengan jumlah siswa yang mencapai lebih dari 800 orang dengan berbagai aktifitas, keberhasilan dan prestasi yang telah dicapainya belum sepenuhnya dapat dipublikasikan secara maksimal.
Publikasi atas aktifitas, keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai oleh siswa, guru, karyawan maupun lembaga SMP Negeri 1 Moga menjadi sebuah kebutuhan, dimana publikasi ini juga merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat dan sebuah bentuk motifasi kepada siswa lainnya.
Jaringan TV kabel yang ada di SMP Negeri 1 Moga, dapat dimanfaatkan untuk sarana pengembangan diri di bidang pembelajaran BROADCAST, dimana hal ini selain dapat digunakan sebagai sarana publikasi dan motofasi siswa, juga dapat digunakan untuk pelatihan Manajemen Penyiaran, Juru Kamera, Presenter, Kewartawanan, Pembaca Berita, Master Ceremony, Editing Film, Penyutradaraan, bahkan dapat pula dikembangkan untuk sarana pelatihan kewirausahaan dan lain-lain.

Berangkat dari kondisi tersebut, maka pengusulkegiatan mencoba mengajukan usulan kegiatan sebagai salah satu wujud inovasi guru dalam membina kegiatan Ekstrakurikuler.  Model kegiatan Pelatihan TV Broadcast diharapkan mampu memberi kontribusi yang positif dalam rangka meningkatkan partisipasi belajar siswa SMP Negeri 1 Moga.
B.           Perumusan Kegiatan
Pada Kegiatan pengembangan diri TV Broadcast, perumusan kegiatannya  adalah :
1.      Pelatihan Manajemen Penyiaran dan Kehumasan.
2.      Pelatihan Video Shoting.
3.      Pelatihan Pembaca Berita.
4.      Pelatihan Presenter Acara dan Master Ceremony.
5.      Pelatihan Penyutradaraan
6.      Pelatihan Editing Film
7.     Pelatihan Kewirausahaan

C.         Tujuan Kegiatan
                   Tujuan yang diharapkan dari kegiatan Pengembangan diri TV Broadcast ini adalah :
1.      Meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas 7 dan 8  SMP Negeri 1 Moga dalam bidang TV Broadcast.
2.      Meningkatkan kreatifitas siswa dalam memanfatkan media audiovisual.
D.        Manfaat Kegiatan
Manfaat yang diharapkan dari kegiatan  ini adalah :
1.      Bagi siswa :
         Meningkatkan partisipasi belajar Menejemen Penyiaran, Video Shoting, Editing Film, Presenter Acara, Kewartawanan, Pembaca Berita, Master Cermony, Kewirausahaan.
         Meningkatkan kreatifitas siswa dalam memanfaatkan media Audio Visual.
2.      Bagi Guru
          Memberikan bahan renungan dan variasi metode pembelajaran serta alternative tindakan pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar.
3.      Bagi Sekolah
b.    Sarana publikasi dan komunikasi masyarakat (Kehumasan) khususnya siswa, guru dan karyawan SMP Negeri 1 Moga.
c.    Prestise sekolah, dimana kegiatan Pengembangan diri TV Broadcast belum ada di sekolah setingkat SMP di Kabupaten Pemalang (bahkan mungkin di Jawa Tengah)
d.    Memberikan gambaran atau masukan bagi pengambil kebijakan dalam hal ini Kepala Sekolah agar dapat menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan serta memadai.
BAB II
LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
A.                  Landasan Teori dan Hipotesis
1.    Belajar
1.1         Pengertian Belajar
Belajar dapat diartikan sebagai proses perubahan perilaku, akibat interaksi    individu dengan lingkungan,  maka perubahan perilaku adalah hasil belajar. Artinya seseorang dikatakan belajar, jika dapat melakukan sesuatu yang tidak dapat dilakukan sebelumnya. Dibawah ini telah disampaikan beberapa pendapat tentang belajar menurut para ahli ;
1.                   Moh. Surya ( 1997 ) :
Belajar dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku baru secara keeluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
2.                   Witherington ( 1952 ) :
Belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan,  sikap,  kebiasaan,  pengetahuan dan kecakapan.
3.                   Di Vesta dan Thomson ( 1970 ):
Belajar  adalah perubahan  perilaku  yang relative menetap sebagai hasil pengalaman.
4.                    Menurut Gagne ( Abin Syamsuddin Makmun, 2003 ), perubahan  perilaku yang merupakan hasil belajar dapat berbentuk :
e.      Informasi  Verbal ;
Yaitu penguasaan informasi dalam bentuk verbal, baik secara
lisan maupun tertulis.

f.       Kecakapan Intelektual ;
Yaitu keterampilan individu dalam melakukan interaksi dengan lingkungannya dengan menggunakan simbol-simbol.
g.      Strategi Kognitif ;
Yaitu kecakapan individu untuk melakukan pengendalian dan pengelolaan keseluruhan aktifitasnya.
h.      Sikap ;
Yaitu hasil pembelajaran yang berupa kecapan individu untuk memilih macam tindakan yang akan dilakukan.
i.        Kecakapan Motorik ;
Yaitu hasil belajar yang berupa kecakapan pergerakan yang dikontrol oleh otot dan fisik.
2.    Hasil Belajar
2.1.         Pengertian Hasil Belajar
Menurut Dick Reiser, hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa sebagai hasil kegiatan pembelajaran yang dicapai oleh siswa meliputi pengetahuan,  ketrampilan intelektual, ketrampilan motorik dan sikap.


B.   Fungsi TV Broadcast
a.      Media Komunikasi dan Publikasi (Kehumasan)
b.      Media bermain dan berkreasi.
c.       Media Pendidikan

             C. Kerangka Berpikir
Munculnya suatu ide, biasanya dilandasi atas pengalaman yang diperoleh, atau dialami sebelumnya, serta adanya gejala-gejala yang dipandang memerlukan upaya tindakan tertentu. Disadari atau tidak, pada hakikatnya perilaku seseorang adalah mencontoh perilaku orang lain sebelumnya, atau memperbaiki perilaku yang pernah dialami atau dilihatnya.
Dalam proses pembelajaran seorang guru juga cenderung ingin mendapatkan hasil yang baik, dengan cara meninggalkan cara-cara lama yang dipandang kurang efektif, kemudian mencari upaya agar waktu yang akan datang hasilnya semakin meningkat.  Pada proses pembelajaran broad casting, peran guru juga sangat penting, bahkan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa. Guru sudah seharusnya tidak menjejali siswa dengan materi-materi belajar, melainkan harus pula mencari terobosan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat dan efektif meningkatkan hasil belajar dalam suasana belajar yang menyenangkan.

              D. Hipotesis Kegiatan
Hipotesis yang diajukan  dalam kegiatan pengembangan diri TV Broadcasting adalah bahwa pembelajaran TV Broadcast dapat meningkatkan ketrampilan siswa dalam Manajemen Penyiaran, Video Shoting, Editing Film, Presenter acara, Pembaca Berita, Master Ceremony, Penyutradaraan, Kewirausahaan, dll.
BAB III
SETING KEGIATAN
A.      Tempat Kegiatan
Tempat yang dipergunakan untuk kegiatan ini adalah SMP Negeri 1 Moga, dimana di SMP Negeri 1 Moga telah tersedia jaringan TV kabel dengan sejumlah pesawat TV monitor yang dapat diakses di setiap ruang kelas dan ruang – ruang lainnya.
Karakteristik dari subyek kegiatan TV Broadcast adalah sebagai berikut:
1.    Letak geografis SMP Negeri 1 Moga adalah didaerah pegunungan dengan strukur budaya yang agamis dan religius.
2.      Kondisi sosial ekonomi siswa rata-rata menengah ke bawah.
3.      Input siswa SMP Negeri 1 Moga, sedang
1.      Waktu Kegiatan.
Kegiatan Pengembangan diri TV Broadcast ini dilakukan dalam satu tahun pelajaran, maka tata kelola waktu yang dipergunakan dalam kegiatan  tersebut adalah sebagai berikut :
a.      Semester 1 (pertama)
Dilaksanakan pada hari Selasa, 11 September  2012 sampai dengan hari Selasa, 25 Desember 2012.
b.      Semester 2 (kedua)
Dilaksanakan pada hari Selasa, 1 Januari 2013   sampai dengan hari Selasa,      Juni 2013.

B.           Subyek Kegiatan
Subyek dalam Kegiatan Pengembangan diri TV Broadcast ini adalah kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Moga, dengan obyek pemirsa segenap warga SMP Negeri 1 Moga.
C.             Teknik dan Alat Kegiatan
1.      Teknik Kegiatan
            Untuk melakukan kegiatan Pengembangan diri TV Broadcast, dilakukan dengan teknik kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan pada sore hari dengan alokasi waktu kegiatan 2 kali tatap muka dalam satu minggu.
              Pada tahun pertama yang sekaligus merupakan uji kelayakan kegiatan, diperlukan 2 orang pembimbing, yaitu
                                    1.     P. Sisworo, membimbing bidang Presenter acara, kewartawanan, Pembaca  Berita, Master Ceremony, Penyutradaraan dan Kewirausahaan.
                                    2.    P. Turah Slamet Raharjo, membimbing bidang Video Shoting, Editing film.
 
            Sedangkan jika kegiatan Pengembangan diri TV Broadcast ini dianggap layak, maka pada tahun ke 2 dan seterusnya diharapkan dapat melibatkan lebih banyak pembimbing sesuai dengan kapasitas dan bidang keahlian yang diperlukan.
            Kegiatan Pengembangan diri TV Broadcast bertanggung jawab selaku Poduction House (rumah produksi), sedangkan penyiarannya menjadi tanggung jawab pembina OSIS selaku penanggung jawab studio siar jaringan TV Kabel SMP Negeri 1 Moga.
2.      Alat dan Sarana Kegiatan
            Untuk mendukung terselenggaranya kegiatan ini, diperlukan alat dan sarana kegiatan yang memadai. Untuk tahap uji kelayakan kegiatan pada tahun pertama, alat yang digunakan adalah alat – alat yang telah tersedia disekolah (tidak perlu membeli alat khusus) dengan didukung oleh alat – alat yang disewa atau dipinjam dari pihak ke tiga.
            Adapun alat –alat yang telah tersedia di sekolah adalah :
a.      Jaringan TV kabel yang sudah terpasang di sjumlah ruang kelas dan ruang – ruang lain di sekolah.
b.      Jaringan internet
c.       Studio siar
Sedangkan alat yang sementara masih harus disewa atau dipinjam dari pihak ke tiga, antara lain :
a.     Kamera Digital
b.    Komputer
c.    Wardrobe dan asesoris kegiatan.
            Disamping alat yang sebagian masih harus disewa atu dipinjam dari pihakke tiga, juga dibutuhkan sarana penunjang lain yang harus diusahakan dari pihak ke tiga, diantaranya adalah bimbingan teknis dan bimbingan kreatif.
D.     Target Kegiatan Pengembangan diri TV Broadcast.
                                                   1.      Target Peserta
Kegiatan Pengembangan diri TV Broadcast diharapkan dapat diikuti setidaknya 20 orang peserta dari kelas VII dan kelas VIII
                                                   2.      Target Penonton /Audience
Hasilproduksi kegiatan Pengembangan diri TV Broadcast diharapkan bisa ditonton oleh segenap warga SMP Negeri 1 Moga pada jam-jam istirahat sekolah.
                                                   3.      Target Pembelajaran
Kegiatan ini ditargetkan untuk memberikan pengalaman pembelajaran untuk :
·         1 orang belajar Manajemen Penyiaran dan Kehumasan
·         2 orang belajar Shoting Video
·         2 orang belajar Editing Film
·         3 orang belajar kewartawanan / peliputan
·         3 orang belajar Presenter Acara
·        3 orang belajar Master Ceremony
·         3 orang belajar Membaca Berita
·         3 orang belajar Kewirausahaan
                                                                        4.      Target Produksi
·         Semester 1, ditargetkan untuk dapat memproduksi 1 buah tayangan siar bulannya dengan durasi 15 menit setiap tayangan.
·         Semester 2, ditargetkan untuk dapat memproduksi 2 buah tayangan siar setiap minggunya dengan durasi 15 menit setiap tayangan.
                                                                        5.      Target Jenis Produksi
Pengembangan diri TV broadcast diharapakan mampu memproduksi siaran – siaran televisi pendidikan yang meliputi:
·         Film dokumenter kegiatan
·         Berita – berita lokal
·         Film karya siswa dibidang Sience (Karya Ilmiah Remaja)
·         Film Kreatifitas siswa di bidang seni, olah raga, ketrampilan,  dan lain - lain.
E.      Sumber Dana
            Sumber dana untuk mendukung kegiatan Pengembangan diri TV Broadcast adalah :
1.      Biaya dari Sekolah
2.      Swadaya  siswa
3.      Sponsor yang relevan dengan dunia pendidikan
4.      Bantuan pihak ke tiga yang tidak mengikat
BAB IV
PENUTUP

             Demikian program kegiatan pengembangan diri TV Broadcast SMP Negeri 1 Moga.
                                                       


                                                                                                                                   Sisworo.





KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI BROADCAST
SpensamoTV 

Saat ini keterlibatan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler kelas 7 dan 8 SMP Negeri 1 Moga sudah perlu diberi keberagaman bentuk. Keberadaan fasilitas yang ada di SMP Negeri 1 Moga yang berupa jaringan TV kabel merupakan salah satu asset yang mutlak harus dapat dimanfaatkan sebaik – baiknya untuk media pembelajaran, media pengembangan diri siswa, maupun sebagai media komunikasi massa.

Minggu, 07 Oktober 2012

Kepala Dindikpora Kab.Pemalang Drs.Sapardi, M.Si.(tengah)
Kepala SMPN 1 Moga Andy Bashori, S.Pd.(kanan).
pada acara BBKT 2012 di bumi Perkemahan Sikucing - Moga 
Reporter SpensmoTV Farida dan Juru Kamera Nadia
wawancara dengan Kepala Dindikpora Kab.Pemalang Drs.Sapardi, M.Si.(tengah)

wawancara dengan Kepala Dindikpora Kab.Pemalang Drs.Sapardi, M.Si.(tengah)


Reporter SpensmoTV Farida, Nazly dan Juru Kamera Nadia
Foto bersama Kepala Dindikpora Kab.Pemalang Drs.Sapardi, M.Si.(tengah)


Reporter SpensmoTV Farida, Nazly dan Juru Kamera Nadia
wawancara dengan Kepala Dindikpora Kab.Pemalang Drs.Sapardi, M.Si.(tengah)


Reporter SpensmoTV Nazly dan Juru Kamera Nadia
Foto bersama Dimas Diajeng Kabupaten Pemalang Tahun 2012

Reporter SpensmoTV Farida dan Nazly
Foto bersama Dimas Diajeng Kabupaten Pemalang Tahun 2012



Tidak kalah penting Guru dan Staf TU ikut serta mendampingi 
Rekan Nazly Presenter SpensmoTV & Juru Kamera Nadia
melaporkan dari Bumi Perkemahan Sikucing - Moga
Selamat Datang Gubernur Jawa Tengah Bapak H.Bibit Waluyo dalam rangka 
Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012
di Kabupaten Pemalang
Selamat Datang Gubernur Jawa Tengah Bapak H.Bibit Waluyo dalam rangka 
Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012
di Kabupaten Pemalang
Selamat Datang Gubernur Jawa Tengah Bapak H.Bibit Waluyo dalam rangka 

Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012
di Kabupaten Pemalang


Menyambut Kedatangan Gubernur Jawa Tengah Bapak H.Bibit Waluyo 
Rekan Farida SpensamoTV & Juru Kamere Nadia melaporkan dari Simpang Tiga Moga
 Tidak kurang dari 290 siswa kelas 7 SMPN 1 Moga
membuat pagar petis menyambut kedatangan Gubernur Jawa Tengah Bapak H.Bibit Waluyo
Tidak kurang dari 290 siswa kelas 7 SMPN 1 Moga
membuat pagar petis menyambut kedatangan Gubernur Jawa Tengah Bapak H.Bibit Waluyo
Tidak kalang penting Guru dan Staf TU ikut serta mendampingi


Tidak kurang dari 290 siswa kelas 7 SMPN 1 Moga
membuat pagar petis menyambut kedatangan Gubernur Jawa Tengah Bapak H.Bibit Waluyo

Jumat, 05 Oktober 2012


SELAMAT DAN SUKSES
atas diresmikannya spensamotv oleh Ka SMPN 1 Moga Bapak Andy Bashori, S.Pd.